Selamat Datang!

Mencobalah untuk lebih dekat! Agar semua rasa bisa dilebur, demi meringankan jiwa yang sedang kalut!

Carilah Sesuatu Yang Hilang Itu

Google

22 Desember 2007

Review Buku yang Kubeli Pada Desember 2007

Buku-buku di bawah ini adalah hasil petualangan saya di toko buku. Dari honor menulis di koran atau di ABN, beberapa persennya saya belikan buku. Lumayan banyak daripada November lalu.



"Cara Pinter Jadi Event Organizer"; saya tertarik dengan cara kerja EO. Mungkin nantinya bisa saya aplikasikan. hehehehehe



"Rahasia Meede"; Penulisnya digemborkan sebagai Pram kedua. Benarkah?



"Peluang Usaha Untuk Anak Muda"; Buku ini pas sekali bagi para mahasiswa yang seret duit jajan. Apalagi bagi yang kost alias tinggal jauh dari orang tua. Bisa mencerahkan lo!



"Al-Fatih Sang Penakluk Konstantinopel"; Melihat sejarah perang Salib, tak akan asing dengan Panglima Fatih pemimpin pasukan Islam yang menaklukkan Konstantinnopel.



"Aku Ingin Jadi Peluru" adalah buku rangkuman dari 5 buah buku puisi-puisinya Wiji Thukul yaitu; "Lingkungan Kita Si Mulut Besar", "Ketika Rakyat Pergi", Darman dan lain-lain", "Puisi Pelo", "Baju Loak Sobek Pundaknya".



"Al-Wala' Wal-Bara'" Buku tulisan Syaikh Aiman Azh-Zhawahiri ini sengaja saya beli. Buku ini adalah landasan bagi para martir muslim bagaimana mereka harus bersikap... Kalau mendengar atau membaca Al-Wala' Wal-Bara' saya akan teringat oleh video tentang perjuangan muslim Cechnya dalam menghadapi gempuran Rusia. Al-Wala' Wal-Bara' adalah sebuah materi (teori) yang wajib dikuasai oleh mujahidin sebelum berangkat berperang. Namun perlu diingat, Al-Wala' Wal-Bara' tidak menghakimi bahwa semua yang beragama tidak selain Islam adalah musuh. Sama sekali tidak! Tetapi, mengklasifikasikan musuh yang benar-benar memusuhi Islam dalam artian telah memukul genderang perangnya terhadap Islam, dan konsep jihad hanya sebatas daerah konflik tidak dipukul rata bahwa seluruh jagad adalah wilayah peperangan.



"Negara dan Revolusi Sosial" adalah pokok-pokok pikiran Tan Malaka. (saya baru akan baca)...

Mungkin, dari seluruh buku-buku di atas ada yang bingung sama saya. Kok bercampur aduk sih? Ada tentang sastra, trus pengembangan diri, lalu materi keislaman (garis keras) dan dihantam pula dengan pemikiran sosialismenya Tan Malaka? Ya itulah saya.

Saya suka dalam hal memperbandingkan. Dan, saya nge-fans dengan Fatih Sang Pembawa Kemenangan yang merebut Konstantinopel--hamir sama pula dengan kesukaan saya terhadap sosok Shalahudin Al Ayubi. Begitu pula dengan Tan Malaka. Di kampus sering teman-teman mereferensikan pendapatnya dengan Tan Malaka, tetapi belum pernah membaca karya-karyanya. Oleh karena itu, saya pun adalah salah satu fans juga dari Tan Malaka yang memburu karya-karya dia.

Teman-teman pernah menuding saya sebagai pengkhianat agama dan sosialis sejati. He...he...he... ada juga yang menjuluki saya sebagai Sufi Sosialis (SS). Hmm, terserahlah apa orang mau kata terhadap diri saya. Yang terpenting bagi saya adalah, membaca membaca dan membaca. (Kepinginnya sih netral, tapi...)

Goblok tu orang yang puritan terhadap suatu ideologi tapi gak mau "membaca" tentang ideologinya sendiri dan "membaca" ideologi musuhnya. Apakah saya orang dari golongan tengah?

Ya ampun, kok jadi ngelantur begini. Ok, inilah buku yang saya ambil (beli) pada Desember 2007. Semoga Januari tahun depan bisa nambah koleksi lagi.

Salam

Tidak ada komentar: